Keutamaan Umrah dan Pahala Umrah di Bulan Ramadhan

keutamaan umrah ramadhan

Umrah dari segi bahasa umrah merupakan berkunjung, ibadah umrah merupakan suatu aktivitas dengan mengunjungi Ka’bah (Baitullah), umrah dapat dilakukan kapan saja berbeda dengan haji yang harus dikerjakan di bulan Dzulhijjah.

Sehingga ibadah umrah menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan haji ke tanah suci, yang bisa kita dilihat kuota haji di Indonesia sangat banyak dan waktunya pun cukup lama, jadi selagi menunggu antrean haji mungkin Anda bisa mencoba ibadah umrah terlebih dahulu.

Meski ibadah umrah bukan yang utama, ibadah umrah ini mempunyai banyak keutamaan apalagi bila dikerjakan di bulan penuh berkah yakni bulan Ramadhan, karena segala ibadah yang dikerjakan akan di balas dengan pahala yang berlipat ganda.

Terlebih dalam menunaikan ibadah Umrah di Bulan Ramadhan mempunyai Keutamaan Umrah Ramadhan diantaranya di bawah ini.

Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umrah

  1. Diampuninya Dosa
    Dari Abu Hurairah RA, Rasululloh SAW bersabda “Ibadah umrah sampai umrah berikutnya sebagai kafarat untuk dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga.” (HR Bukhari dan Muslim).
  2. Pahala Dilipat Gandakan
    Rasulullah SAW bersabda “Shalat di Masjidku, lebih utama seribu kali (dibandingkan) shalat di selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil haram lebih utama Seratus Ribu (dibandingkan) shalat di selainnya.” (Hadits dishahihkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry. Al-Albany berkata: “Sanadnya shahih sesuai persyaratan Bukhori dan Muslim, Irwaul Ghalil, 4/146).
  3. Menjadi Tamu Allah, dan Dikabulkan Setiap Do’anya
    Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda “Para jamaah haji dan umrah merupakan delegasi Allah. Jika mereka berdo’a kepada-Nya, Allah akan mengabulkannya. Dan jika mereka meminta ampun, maka Allah akan mengampuni-nya.” (HR An-Nasaiy dan Ibnu Majah)
  4. Bagi Perempuan, Melaksanakan Ibadah Umrah seperti Berjihad
    Biasanya yang mendapatkan pahala jihad yakni laki – laki yang berperang membela agama Allah, namun salah satu jihad yang dapat dilakukan oleh seorang perempuan adalah dengan melaksanakan umrah di bulan Ramadhan sebagaimana dari Aisyah RA, ia berkata: “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Rasulallah SAW menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umrah.” (HR. Ibnu Majah)
  5. Menjauhkan Kefakiran
    Rasulullah SAW bersabda: “Iringilah antara ibadah haji dan umrah karena keduanya meniadakan dosa dan kefakiran, sebagaimana alat peniup api menghilangkan kotoran (karat) besi, emas, dan perak, dan tidak ada balasan bagi haji mabrur melainkan surga” (HR. At Tirmidzi, An Nasa’i, dan lainnya).
  6. Menjadi Pribadi yang Jauh Lebih Penyabar
    Dengan menjalankan dua ibadah sekaligus yakni puasa dan ibadah umrah tentunya memerlukan kesabaran yang lebih besar, selain harus menjaga diri dari hal – hal yang dapat membatalkan puasa, kita juga harus menjaga pelaksanaan ibadah umrah agar sesuai dengan tatacara dalam ketentuannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
    رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ ۚ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيًّا
    Rabbus-samāwāti wal-arḍi wa mā bainahumā fa’bud-hu waṣṭabir li’ibādatih, hal ta’lamu lahụ samiyyā
    Artinya : “Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia (yang patut disembah)?” (Q.S. Maryam : 65)

Baca juga : Hukum Ibadah Umrah Wajib atau Sunnah Menurut Para Ulama

Umrah di Bulan Ramadhan

Itulah beberapa pengetahuan tentang Keutamaan Umrah dan Pahala Umrah di Bulan Ramadhan yang dapat Kami sampaikan, semoga dapat menjadi ilmu tambahan bagi Anda yang demikian menjadi amal jariyyah bagi kita semua.